Kamis, 28 Mei 2009

Rumah Sudut
















RUMAH SUDUT/HOEK

Memaksimalkan Ruangan Pada lahan Tanah Hoek/Sudut

Rumah yang direncanakan di dalam komplek Perumahan dengan ukuran lahan 15 x 16 dengan bentuk tanah sudut / hoek. Lahan Tanah berbentuk hoek ini merupakan Tantangan dalam mendesain bangunan, karena bentuk lahan Sudut pada bagian sisi kiri lahan dan sisi depan dibatasi oleh GSB yaitu Garis Sempadan Bangunan, batas dimana bangunan boleh didirikan pada batas yang telah ditetapkan oleh Peraturan Perijinan Pembangunan. Akibat dari Batas yang telah ditetapkan tersebut maka luas bangunan akan mengecil,tetapi dilain pihak kami juga merasa senang, karena Bangunan ini akan dikelilingi oleh area hijau disisi depan dan disisi samping oleh berbagai macam Tanaman yang nantinya akan menjadikan rumah ini lebih Sejuk dan nyaman dihuni.

Pemilk Tanah iniakan dihuni oleh Sepasang Orang Tua yang masih bekerja pada peruhaan Swasta,dan mereka mengharapkan Desain rumahnya dibuat maximal dengan adanya batasan batasan tersebut. Konsep yang merekan inginkan adalah :
Lantai Semi Basement untuk Area Parkir dan Service
Lantai 1 untuk Area Utama dan Keluarga
Lantai 2 untuk area Tidur anah dan keluarga.
Menginginkan bangunan Split Level, usulan dari anaknya
Bentuk Bangunan Simple dan Mudah Perawatan.
Keberanian dari Pemilik rumah ini adalah tidak menginginkan adanya R.Tamu sebagaimana orang membangun rumahnya, karena memang pemilik adalah orang yang sibuk dan jarang sekali didatangi oleh Tamu kecuali keluarganya.
Dapur dan Ruang Makan diletakkan naik dari lantai 1.

Mulai Membuat Konsep
Langkah Awal dalam adalah menyusun konsep dasar yang dinginkan oleh pemilik rumah dengan jumlah orang yang akan menghuninya dan bagaimana meletakkan ruang ruang sehingga akan terbentuk fungsi ruang tersebut dan membentuk bidang bangunan tersebut.
Kendala yang kami hadapi adalah Bangunan ini menggunakan Split Level guna mengakali ketinggian pintu garasi seminimal mungkin agar mobil bisa masuk tanpa terbentur oleh dak atasnya.
Kerugian dari Split Level ini adalah akan banyaknya tangga yang dibuat, mulai dari area Teras menuju lantai 1 lalu menuju R. Makan, kemudian berlanjut menuju Lantai 2. Pemilik menyadari akan hal tersebut dan menerima kondisinya, akan tetapi ini adalah tantangan bagi kami tim desain untuk membuat batasan tersebut lebih nyaman dan aman dalam melangkah kaki di tangga tersebut dan menempatkan dengan tepat perletakkannya. Rumah ini mulai Didesain pada pertengahan bulan April 2009 dan Selesai pada pertengahan bulai Mei 2009 dengan 3x pertemuan.

1 komentar:

erly_blogger mengatakan...

bagus rapi dan menarik....! siiip!