Senin, 23 Maret 2009

RUMAH DAN GAYA HIDUP

RUMAH IBARAT PAKAIAN


Dengan adanya krisis global saat ini, maka arsitek dihadapkan pada masalah bangunan menyesuaikan budget yang sesuai dengan kondisi saat ini.
Biaya bangunan semakin mahal, arsitek tertantang untuk mendesain bangunan dengan menjadikannya fungsi bangunan lebih sederhana tanpa harus menghilangkan nilai Estetika bangunan. Tugas Arsitek adalah membuat desain bangunan yang terbebas dari nilai nilai yang tidak perlu seperti kebannyakan ornament-ornament, ruang yang terlalu besar dan boros dan membuat efisiensi ruang yang baik.
Pada percakapan di mobil bersama teman arsitek Senior, Benjamin, beliau mengutarakan bahwa bangunan rumah atau kantor itu ibarat pakaian yang akan dikenakan. Pakaian yang dipakainya akan mencerminkan gaya hidupnya.
Gaya hidup Sederhana itu cantik
Pakaian yang dipakai dengan harga yang tidak terlalu mahal, tetapi modelnya trend, gaya, modis,simpel dan pas dipakai dan bersih akan terlihat mahal dan mewah, apalagi perhiasan /asesoris yang dipakai serasi dengan pakaiannya, orang akan merasa respect dan terlihat mewah dan elegant.
Demikian juga dengan Rumah yang akan dibangun, walaupun didesain dengan bentuk dan masa yang sederhana tetapi penggunaan material dan finishing bangunan senada dan harmonis, dan selaras dengan lingkungan sekitarnya maka bangunan akan mempunyai nilai estetika.Diharapkan juga bangunan tidak berkesan Arogan/angkuh dengan bangunan yang terlalu besar sehingga untuk taman sebagai unsur keseimbangan dan penyejuk menjadi hilang.
Begitu juga sebaliknya jika seseorang memakai pakaian dengan warna yang mencolok/nyener dan pakai hiasan berlian, emas dimana mana, maka anda bisa bayangkan gaya hidup apa orang semacam ini.....bayangkan sendiri ya.
Bangunan juga begitu, rumah dengan warna yang kurang menarik, penempatan ornamen dimana, proporsi bangunan terlalu besar dan tinggi, maka akan memberikan kesan rumah yang kurang indah untuk dipandang mata, tidak ada harmonisasi dengan lingkungan.Lebih parah lagi bangunan itu berdiri didalam lingkungan dengan perumahan yang tingkat sosialnya dibawah.
Sebaiknya memang bangunan rumah juga harus selaras dengan alam dan lingkungan hijau,sehingga tetap enak dipandang mata.

Tidak ada komentar: