Kamis, 15 Oktober 2009

KIAT BANGUN RUMAH AGAR CEPAT , MURAH, DAN BAIK(6)


Bayangkan Biaya Kerugian Akibat Bongkar Bangunan Rumah Tanpa Perencanaan

Kita sering melihat Orang membangun rumah tinggal, tetapi didalam pelaksanaannya ternyata ada kegiatan pembongkaran dinding bangunan atau perubahan ruangan yang dikarenakan pemilik merasa ruang ruang terasa sempit atau kurang indah. Saya pernah datang ke tempat orang membangun rumah dan saya tidak melihat ada gambar rumahnya, saya bertanya kepada mandor, apakah rumah ini ada gambarnya ? Tidak jawab Mandor dengan spontan.
Keuntungan Membangun dengan Arsitek
  1. Bangunan mempunyai konsep bangunan sesuai dengan Gaya bangunan yang diinginkan pemilik.
  2. Biaya Bangunan dapat ditekan dengan desain yang simple, menghilangkan ornamen-ornamen hiasan yang tidak perlu .
  3. Arsitek membuat gambar kerja untuk panduan kerja mandor dan tukang dilapangan, untuk menghindari kesalahan dalam pelaksanaan.
  4. Arsitek dapat dipinta untuk beberapakali mengawasi pelaksanaan dilapangan.
  5. Arsitek dapat menentukan proporsi bangunan yang baik
  6. Arsitek dapat memberikan masukan dalam finishing bangunan.
  7. Arsitek dapat juga mengerjakan borongan bagunan, dan biasanya fee design bisa diturunkan.
  8. Arsitek dalam membangun berbeda dengan pemborong biasa, karena Arsitek memiliki nilai Estetika terhadap bangunan.
  9. dll,masih banyak keuntungannya.

Kerugian Membangun Tanpa Arsitek

  1. Membangun kurang terencana, karena gambar tidak lengkap, sehingga mandor banyak bertanya kepada pemilik atau kadangkala mandor melaksanakan apa adanya sesuai dengan borongan.
    Dalam pelaksanaan sering terjadi banyak kesalahan, sehingga banyak bongkaran yang terjadi. Akibat dari banyaknya bongkaran efeknya biaya menjadi membengkak (waktu dan biaya terbuang).
  2. Bangunan kurang menarik, karena tidak ada panduan gambar kerja dan ukuran yang proposional.
  3. Pemilik akan sibuk mengurusi bahan-bahan material dan kesulitan untuk mengambil keputusan atas pertanyaan mandor/pelaksana bangunan.
  4. dll, masih banyak lagi kerugiannya.


    Saya sering menjumpai banyak terjadinya kesalahan pelaksanaan pembangunan tanpa bantuan Arsitek dan menyebabkan banyaknya bongkaran-bongkaran.Biaya bongkaran sangatlah besar, saya pernah menemukan dan menghitung biaya bongkaran ada yang mencapai 20 jt, 50 jt, bahkan bisa mencapai 100 juta rupiah….bisa anda bayangkan.

    Setelah mengalami banyaknya kerugian dalam membangun rumahnya, akhirnya pemilik menyadari bahwa perlunya Arsitek dalam perencanaan bangunnya, dan pada kenyataannya Fee Arsitek masih lebih murah daripada biaya bongkar bangunan.

    Saran saya adalah jangan ragu untuk sekedar berkonsultasi sebalum membangun agar pelaksanaan dapat berjalan lancar sesuai budget dan schedule yang direncananakan, bila didalam pelaksanaan tanpa arsitek anda menemui banyak kesalahan, segeralah konsultasikan dengan arsitek untuk mengurangi kesalahan kesalahan dalam pembangunan.

1 komentar:

Guntur mengatakan...

terima kasih infonya, sangat bermanfaat. tadinya saya mau bongkar rumah tanpa arsitek, tapi kok sepertinya beresiko besar ya, apalagi kalau budget terbatas.